A ANALISA FUEL RATIO DUMP TRUCK XCMG HANVAN PADA KEGIATAN PENGANGKUTAN OVERBURDEN DI PT GLOBAL ENERGI MAKMUR ANALISA FUEL RATIO DUMP TRUCK XCMG HANVAN PADA KEGIATAN PENGANGKUTAN OVERBURDEN DI PT GLOBAL ENERGI MAKMUR

Main Article Content

Lina Rianti Maya Matofani Heriyanto Heriyanto

Abstract

PT Global Energi Makmur adalah perusahaan swasta yang bergerak di dalam bidang penambangan batubara. Pada kegiatan penambangan ini, konsumsi bahan bakar alat mekanis sangat berpengaruh pada proses produksi. Konsumsi bahan bakar yang efisien pada alat mekanis akan membuat biaya produksi menjadi lebih rendah. Salah satu masalah yang timbul adalah tidak tercapainya target produksi yang telah ditetapkan oleh perusahaan dan konsumsi bahan bakar pada alat mekanis menjadi tidak ekonomis. Metode penelitian ini adalah metode deskriftif dapat diartikan sebagai prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan keadaan subjek atau objek dalam penelitian dapat berupa orang, lembaga, masyarakat dan yang lainnya yang pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau apa adanya. Berdasarkan tujuan dalam kegiatan penelitian ini yaitu menghitung produktivitas alat angkut overburden, Menghitung konsumsi bahan bakar untuk alat angkut overbuden, Menganalisa dan menghitung fuel ratio plan dan fuel ratio actual untuk kegiatan pengangkutan overburden ke disposal. Dari hasil kajian di lapangan didapatkan produktivitas actual alat angkut overburden pada bulan Februari 2023 sebesar 11,66 bcm/jam dan pada bulan Maret 2023 sebesar 10,71 bcm/jam, konsumsi bahan bakar pada bulan Februari 2023 rata - rata sebesar 10,79 liter/jam dan pada bulan Maret 2023 rata – rata sebesar 10,21 liter/jam , selisih fuel ratio pada bulan Februari 2023 sebesar 0,50 liter/bcm dan pada bulan Maret 2023 sebesar 0,52 liter/bcm

Article Details

How to Cite
Rianti, L., Matofani, M., & Heriyanto, H. (2024, January 1). A ANALISA FUEL RATIO DUMP TRUCK XCMG HANVAN PADA KEGIATAN PENGANGKUTAN OVERBURDEN DI PT GLOBAL ENERGI MAKMUR. Jurnal Teknik Patra Akademika, 14(02), 74-82. https://doi.org/https://doi.org/10.52506/jtpa.v14i02.215
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)