E EVALUASI GEOMETRI JALAN ANGKUT MENGGUNAKAN STANDAR AASHTO UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS ALAT ANGKUT OVERBURDEN PADA PIT 1 PT BENAL AITI BARA PERKASA EVALUASI GEOMETRI JALAN ANGKUT MENGGUNAKAN STANDAR AASHTO UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS ALAT ANGKUT OVERBURDEN PADA PIT 1 PT BENAL AITI BARA PERKASA

Main Article Content

Roby Cahyadi Trisna Perdana Edwin Harsiga

Abstract

Pada judul yang diambil geometri jalan angkut overburden merupakan salah satu masalah dengan melihat produktivitas alat angkut overburden pada bulan April. Agar suatu produksi overburden dapat terpenuhi dengan pengeluaran biaya yang sekecil-kecilnya maka harus memperhatikan dan mengoptimalkan suatu keadaan berikut, lebar jalan angkut, kemiringan jalan, waktu edar (cycle time), cross slope dan front kerja yang kurang ideal. Kondisi aktual dari lebar jalan angkut di perusahaan dari front ke disposal area yaitu rata-rata 11 meter untuk jalan lurus dan pada tikungan 13,68 meter, namun berdasarkan perhitungan The American Association of State Highway and Tronsportation Officials (AASTHO) Manual Rural Highway Design 1973, lebar minimum jalan angkut agar dapat dilalui dengan baik oleh alat angkut dump truck Mercedes Benz Axor 2528 C adalah 8,7 meter untuk lajur lurus dan 12,74 meter untuk lajur tikungan. Berdasarkan di lapangan terdapat pada segmen D-E pada lajur lurus dan H-I pada lajur tikungan yang belum memenuhi standar jalan minimum. Disamping itu, ditinjau dari segi waktu edar (cycle time) dari front pit 1 ke disposal area memiliki waktu edar yang cukup lama yang disebabkan oleh antrian pada jalan angkut lajur lurus segmen D-E dan lajur tikungan segmen H-I yang mengakibatkan waktu tempuh (cycle time) alat angkut menjadi lebih lama, yaitu 12,007 menit, setelah dilakukan perbaikan jalan dengan menambah lebar jalan angkut menjadi 9,9663 menit maka waktu tempuh menjadi lebih singkat dengan produksi yang dihasilkan sebesar 222.694,5 BCM/bulan.

Article Details

How to Cite
Cahyadi, R., Perdana, T., & Harsiga, E. (2021, December 30). E EVALUASI GEOMETRI JALAN ANGKUT MENGGUNAKAN STANDAR AASHTO UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS ALAT ANGKUT OVERBURDEN PADA PIT 1 PT BENAL AITI BARA PERKASA. Jurnal Teknik Patra Akademika, 12(02), 55-64. https://doi.org/https://doi.org/10.52506/jtpa.v12i02.135
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

http://gestaorecursos.cpb.org.br/admin/slot-gacor/https://amm.fadu.edu.uy/wp-includes/assets/slot-gacor-2022/https://casarifa.fadu.edu.uy/wp-content/themes/slot-online-dana/https://www.ftsm.ukm.my/ebuletin/assets/lib/slot-pulsa/http://communications.gov.ls/images/news/slot-gacor/http://publicacionesjuridicas.cali.gov.co/salas/archivos/slot-pulsa/https://concursos.fadu.edu.uy/wp-content/themes/slot-pulsa/https://cronomuebles.fadu.edu.uy/wp-content/themes/slot-gacor-pulsa/https://sia.xoc.uam.mx/slot-deposit-pulsa/http://saadsurveys.da.gov.ph/css/modules/slot-dana/https://www.tramitescoahuila.gob.mx/slot-gacor/