PENGEMBANGAN MODUL MENULIS LAPORAN HASIL PENGAMATAN MAHASISWA SEMESTER III POLITEKNIK AKAMIGAS PALEMBANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk bahan ajar yang efektif digunakan oleh mahasiswa semester 3 Politeknik Akamigas Palembang. Bahan ajar yang dikembangkan adalah bahan ajar berbentuk modul yaitu Menulis Laporan Hasil Pengamatan. Penelitian ini menggunakan metode research and development dengan mengadaptasi model pengembangan Jolly dan Bolitho dengan Dick, Carey dan Carey. Untuk memperoleh informasi kelayakan bahan ajar, dilakukan validasi ahli dan uji lapangan terbatas. Validasi dilakukan terhadap kelayakan materi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan dengan menggunakan angket skala 5 oleh dosen dari Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Sriwijaya. Data dalam uji lapangan terbatas diperoleh melalui tes pilihan ganda dan tes menulis. Subjek dalam uji lapangan terbatas terdiri 32 mahasiswa. Berdasarkan analisis hasil validasi ahli, bahan ajar Menulis Laporan Hasil Pengamatan, dikembangan dapat dikategorikan baik atau layak. Hasil tes pilihan ganda dan hasil tes menulis laporan hasil pengamatan memperlihatkan peningkatan rata-rata nilai tes pilihan ganda berubah dari 47,97 menjadi 71,09 dan tes menulis berubah dari 52,53 menjadi 74,50. Dengan demikian, modul Menulis Laporan Hasil Pengamatan hasil pengembangan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis dan layak digunakan di Politeknik Akamigas Palembang.